Tidur Nyenyak Selama Hamil

Sangat susah bagi ibu hamil yang perutnya sudah besar untuk tidur yang nyenyak. Selama 3 bulan pertama kehamilan, si calon ibu mempunyai tantangan baru saat tidur. Butuh waktu untuk beradaptasi dengan perut yang terus menerus membesar dan cara tidur Anda. Dilansir dari bodsky.com, kami mempunyai tips supaya Anda tertidur dengan nyenyak selama masa kehamilan.



Bantal ekstra

Rupanya Anda perlu membeli beberapa bantal lagi. Beberapa bantal yang lembut dapat membantu Anda menyokong punggung dan perut. Letakkan bantal di bawah kaki Anda agak dekat pantat. Hal ini akan membantu menyokong punggung bagian bawah Anda.

Hindari tidur siang

Tidur siang memang Anda perlukan apalagi di tiga bulan pertama. Biasanya Anda tidur siang untuk mengganti porsi tidur yang kurang pada malam hari. Tetapi menyisihkan waktu untuk tidur siang akan semakin membuat Anda susah tidur pada malam hari.

Mengurangi stres

Selama kehamilan tingkat stres dan kecemasan pasti meningkat. Nah hal ini akan menyebabkan insomnia. Coba lakukan meditasi atau curhat dengan teman sehingga Anda merasa nyaman. Anda juga dapat membaca buku sebelum tidur untuk mengurangi stres Anda.

Perhatikan yang Anda makan

Meminum susu sebelum tidur sangatlah berguna untuk membuat Anda tidur nyenyak. Selain itu Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk membantu tidur Anda. Makanan tinggi protein pun penting untuk menghindari sakit kepala dan mimpi buruk.

Kurangi minum pada malam hari


Anda dan bayi dalam kandungan Anda pasti membutuhkan air. Perbanyaklah minum pada pagi sampai siang hari. Dan kurangi konsumsi air pada malam hari, supaya Anda tidak sering terbangun untuk buang air kecil.

Kompres air hangat

Mungkin beberapa kali Anda akan mengalami kram pada perut atau bagian-bagian tertentu. Coba kompres bagian yang sakit dengan menggunakan air hangat. Pastikan jangan tertidur dulu ketika mengompres ya.

Mandi air hangat

Mandi air hangat sesaat sebelum tidur dapat membantu tidur Anda. Air hangat akan membuat otot dan pikiran Anda lebih tenang. Setelah mandi air hangat, dijamin tidur Anda akan semakin nyenyak.

Waktu tidur teratur

Tubuh Anda akan menyesuaikan diri dengan jadwal Anda. Usahakan Anda memiliki jadwal tidur yang teratur. Disiplinlah pada diri Anda, ini akan membantu tidur Anda semakin nyenyak.

Hindari makanan siap saji

Jika Anda ingin tidur dengan baik pada malam hari, hindari makanan cepat saji. Hindari juga makanan yang digoreng, pedas atau asam. Snack sehat dan buah-buahan baik Anda konsumsi untuk mengurangi rasa mual pada malam hari. Tidur Anda pun pasti lebih nyenyak.

Hindari merokok

Tentu saja Anda tidak diperbolehkan untuk merokok selama Anda hamil. Tetapi menjadi perokok pasif juga dapat mengganggu tidur Anda. Jika suami atau saudara Anda ada yang merokok di rumah, suruh mereka untuk merokok di luar. Selain mengganggu tidur Anda, asap rokok jelas tidak baik untuk Anda dan si bayi dalam kandungan.

Nah, selamat mencoba tips dari kami ya .Semoga Anda bisa tidur nyenyak. Selamat tidur.
 

~ bunda dhie ~ Template by Blogger Template |